Cara Mudah Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Indonesia

Aktivitas membaca sebenarnya suatu hal yang sangat menyenangkan, namun ada sebagaian orang yang memilih untuk tidak membaca. Perlu anda ketahui bahwa negara-negara maju memiliki masyarakat dengan kualitas baca yang baik dan kuantitas membaca yang jauh lebih banyak.

 

Sementara kalau membahas minat baca masyarakat Indonesia hanya memiliki nilai indek 0,001. Hal ini menunjukkan kalau dari seribu penduduk hanya ada satu orang yang benar-benar memiliki minat baca yang tinggi. Kalau dibandingkan dengan negara lain itu tidak ada apa-apanya. Amerika memiliki indek membaca 0,45, Jepang memiliki Indek membaca 17, Singapura memiliki indeks membaca 0,55.

Tentunya kalau dilihat dari data tersebut menunjukan kalau minat membaca masyarakat Indonesia masih rendah. Salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan kemajuan di suatu negara adalah membaca. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa cara untuk meningkatkan minat baca. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini:

  1. Memaksimalkan perpustakaan di setiap daerah

Selama ini masalah yang dialami oleh masyarakat Indonesia adalah sangat minimnya fasilitas perpustakaan. Selain itu buku tidak menjadi prioritas mereka sehingga tidak minat untuk datang ke sebuah perpustakaan besar.

Kini minat baca bisa ditingkatkan dengan melakukan integrasi perpustakaan di setiap daerah. Hal ini bertujuan agar masyarakat bisa mengakses buku terbaru dengan mudah. Integrasi ini lebih efektif dibandingkan membangun perpustakaan baru di setiap daerah.

Seiring perkembangan internet, pihak pemerintah bisa mengatasinya dengan adanya aplikasi online. Salah satunya kini anda bisa mengunjungi perpustakaan kemendagri   secara online.

  1. Melakukan kerjasama dengan pihak Posyandu untuk literasi anak usia dini

Posyandu menjadi ujung tombak kualitas generasi muda Indonesia. Aktivitas penyuluhan dan pemantauan kondisi kesehatan terus dilakukan pihak pemerintah melakukan kerjasama dengan Posyandu untuk mengajak dan mengenalkan buku kepada anak usia dini.

  1. Memanfaatkan teknologi untuk memudahkan akses baca secara digital

Harga buku yang mahal menjadi alasan kenapa banyak orang yang tidak tertarik untuk membaca. Seiring perkembangan digital kini anda bisa menemukan buka pada versi digital atau e-book.

Selain itu saat ini sudah ada perpustakaan kemendagri  yang bisa diakses secara online. Perpustakaan ini telah menyediakan akses informasi dan pengetahuan yang lebih lengkap. Anda bisa mendapatkan koleksi dalam cetakan buku dan versi digital. Nah, dengan memanfaatkan teknologi pelayanan perpustakaan menjadi lebih baik.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa cara menumbuhkan minat baca masyarakat Indonesia. Semoga dengan adanya perpustakaan kemendagri  ini bisa menjadi solusi terbaik untuk membantu meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia.